Tentang Kami

Pada awalnya Statistika merupakan salah satu bidang peminatan di Jurusan Matematika Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) ITS. Seiring dengan perkembangan kebutuhan di masyarakat, Bidang Peminatan Statistika akhirnya berkembang menjadi Jurusan Baru di FIPIA ITS. Mulai tahun 1983 Jurusan Statistika secara resmi berdiri bersamaan dengan perubahan nama FIPIA menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) ITS. Berdirinya Jurusan Statistika FMIPA ITS didasarkan pada: PP No 5 tahun 1980, PP No 27 tahun 1981, dan Keppres No 58 tahun 1982.

Untuk memenuhi kebutuhan Ahli Statistika di tingkat Madya, pada tahun 1981 Jurusan Statistika membuka Program Studi Diploma-III (D-III) Statistika yang disahkan dengan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI), Nomor: 116/DKTI/Kep/1984. Seiring dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan peningkatan kompetensi statistika dan peningkatan jenjang pendidikan di Indonesia, pada Tahun 1999Jurusan Statistika mendirikan Program Studi Magister (S-2) Statistika. Program Studi S-2 Statistika berdiri berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 253/DIKTI/Kep/1999. Selanjutnya, pada tahun 2006 Jurusan Statistika membuka Program Doktor (S-3) Statistika. Berdirinya Program Doktor Statistika didorong oleh keinginan agar potensi Jurusan Statistika ITS yang semakin berkembang dapat memberikan kemanfaatan optimal bagi pengembangan ilmu statistika di Indonesia. Program Studi S-3 disahkan oleh Dirjen DIKTI dengan SK Nomor: 3795/D/T/2006. Dengan demikian sejak tahun 2006 Jurusan Statistika FMIPA ITS memiliki 4 program pendidikan yaitu :

  1. Program Diploma-III (D-III)
  2. Program Sarjana (S1)
  3. Program Magister (S2)
  4. Program Doktor (S3)

Dalam perkembangannya, seiring dengan peningkatan potensi yang dimiliki dan semakin berkembangnya iklim akademik, serta didukung oleh komitmen seluruh civitas academica, Jurusan Statistika tumbuh menjadi salah satu Jurusan di ITS yang menjadi prioritas pilihan bagi masyarakat. Saat ini tiga program studi yang dimiliki memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program Diploma-III memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 0187/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2016. Program Sarjana memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 1155/SK//BAN-PT/Akred/S/XI/2015. Sedangkan Program Magister memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 016/BAN-PT/Ak-IX/S-2/IX/2011. Sementara itu, Program Doktor memperoleh akreditasi B dengan skore 352 dari BAN PT berdasarkan keputusan BAN-PT No. 121/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2014. Selain memperoleh pengakuan di level nasional, kualitas Program Studi S1 Statistika telah diakui secara internasional dengan diraihnya sertifikasi internasional Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2015 dengan Certificate Number : AP99ITSFEB15.

Secara umum, Jurusan Statistika bertujuan untuk mengembang-kan Statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya bidang: Industri dan Bisnis, Komputasi, Ekonomi Finansial dan aktuaria, Sosial dan Kependudukan, serta Lingkungan dan Kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Jurusan Statistika mendirikan lima laboratorium sebagai pusat pengembangan dan penerapan statistika, dan pusat pengembangan kurikulum. Ke lima Laboratorium tersebut adalah: Laboratorium Statistika Industri dan Bisnis, Laboratorium Statistika Komputasi, Laboratorium Statistika Ekonomi Finansial dan Aktuaria, Laboratorium Statistika Sosial dan Kependudukan, serta Laboratorium Statistika Lingkungan dan Kesehatan.Di samping itu, untuk memaksimalkan monitoring dan evaluasi pembelajaran, mata kuliah di Jurusan Statistika dihimpun dalam kelompok-kelompok rumpun mata kuliah (RMK), yaitu: RMK Teori, RMK Pemodelan, RMK Industri dan Bisnis, RMK Komputasi, RMK Ekonomi Finansial dan Aktuaria, RMK Lingkungan dan Kesehatanserta RMK Sosial-Kependudukan. Di samping melakukan monitoring dan evalusai proses pembelajaran, Koordinator RMK bersama dengan Kepala Laboratorium bertugas untuk menyusun draf mata kuliah yang ditawarkan dalam setiap semester dan draf dosen pengampu untuk setiap matakuliah.

Pada tahun 2015, Jurusan Statistika memiliki 45 orang dosen, dengan kualifikasi pendidikan: 22 orang Doktor (2 diantaranya adalah Profesor), dan 23 orang Magister (dimana 5 orang sedang menempuh pendidikan Doktor di dalam dan diluar negeri). Untuk mendukung kegiatan administrasi, Jurusan Statistikia memiliki 17 tenaga kependidikan, yang terdiri dari: seorang Kepala Sub Bagian sebagai koordinator, 3 orang untuk urusan akademik, 1 orang untuk urusan keuangan, 1 orang petugas inventaris, 3 orang untuk urusan umum dan perlengkapan, 2 orang teknisi, 2 orang petugas ruang baca dan 4 orang tenaga kebersihan.

Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak, tapi juga perlu bermimpi, jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya. (Anatole France)