IG141109 : Technopreneurship

MATA KULIAH IG141109      : Technopreneurship
Kredit             : 3  sks
Semester       : 6  atau 7
DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang wirausaha sesuai dengan bidang keahliannya, serta mengembangkan peluang usaha tersebut. Mata kuliah ini menggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung (hands-on experience) secara terintegrasi dalam mengembangkan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha kedalam business plan yang efektif.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN ITS YANG DIDUKUNG
CP 15.1 : Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian    terhadap masyarakat dan lingkungan

CP  19    : Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan

CP 15.2 : Memiliki kemampuan literasi yang memadai

CP 6       : Mampu menerapkan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada  bidangnya untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan pemukiman,  kelautan, energi dan teknologi informasi dengan konsep pembangunan  berkelanjutan (sustainable development) serta menciptakan lapangan kerja sesuai bidang keahliannya

CP 14    : Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasar pada  analisa informasi dan data dengan berbekal wawasan pembangunan berkelanjutan  (sustainable development) yang mencakup aspek lingkungan dan pemukiman, kelautan, energi dan teknologi informasi serta mengedepankan kepedulian sosial

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya, berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan rancangan bisnis/produk yang berorientasi pasar dengan memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan suatu peluang wirausaha.

2. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan bertahan dalam kondisi yang tidak pasti

3. Mampu mengambil resiko dengan perhitungan yang tepat

4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja tim dengan mengedepankan etika bisnis

5. Mampu berbahasa Indonesia yang baik benar dan santun dalam ragam lisan dan tulisan untuk berwirausaha serta kehidupan sehari-hari.

POKOK BAHASAN

1.Konsep Bisnis Dan Kewirausahaan, 2.Entrepreneursial Mindset Dan Evaluasi Diri, 3.Kreatifitas Dan Identifikasi Peluang Usaha, 4.Bisnis Model, 5.Analisis Dan Evaluasi Peluang Usaha, 6.Analisis Dan Perencanaan Pasar, 7.Analisi Biaya Dan Penentuan Harga Produk, 8.Team Building Dan Perencanaan Sumber Daya Manusia, 9.Perencanaan Finansial, 10.Pemodalan, Ethic & Tanggung Jawab Sosial, 11.Aspek Legal Dan Analisa Resiko, 12.Pengembangan Business Plan

PRASYARAT
PUSTAKA UTAMA
  1. Allen, K. R. (2010). Entrepreneurship for scientists and engineers. Upper Saddle River, N.J: Pearson    Prentice Hall.
  2. Barringer, B. R., & Ireland, R. D. (2010). Entrepreneurship: Successfully launching new ventures. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.
  3. Timmons, J. & Spinelli, S. (2012). “New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century”, (9th ed.). New York: McGraw-Hill Irwin.
PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Ries, E (2011), “The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses”, New York: Crown Business
  2. Barringer, Bruce (2008). “Preparing Effective Business Plans”. Pearson-Prentice Hall
Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain (Nabi Muhammad SAW)