IG 141108 : Bahasa Inggris

MATA KULIAH IG 141108     : Bahasa Inggris
Kredit             : 3 sks
Semester       : 1 atau 2
DESKRIPSI MATA KULIAH

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang konsep-konsep dasar ketrampilan berbahasa yang meliputi ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengaplikasikan konsep dasar dari ketrampilan berbahasa tersebut dalam mengungkapkan ide dan pikirannya  secara lisan dan tertulis dalam kehidupan  akademik  dan empirik terutama yang berkaitan dengan wawasan  sains dan teknologi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN ITS YANG DIDUKUNG
CP 15 : Memiliki kemampuan literasi yang memadai

CP14 : Mampu memberikan alternatif solusi berbekal sikap kepemimpinan, kreatifitas dan kemampuan komunikasi serta bertanggung jawab pada     pekerjaan sendiri   dan  dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian   hasil kerja organisasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
  1. Mampu menyimak materi kuliah dan diskursus yang  disampaikan dengan metode ceramah dalam bahasa Inggris.
  2. Mampu berbicara dan menyampaikan opini, argumentasi, pertanyaan, jawaban, sanggahan sesuai dengan konteksnya.
  3. Mampu membaca secara aktif dan kritis untuk memahami isi bacaan (content aspects), pola bacaan (text features) dan sikap penulis (author attitudes: tone and purpose)M
  4. ampu menulis melalui pengembangan kalimat, paragraf, dan esai berdasarkan jenis penulisan (narative, descriptive, argumentative); pengembangan gagasan/ide dengan memperhatikan aspek kesatuan (unity) dan koherensi.
POKOK BAHASAN
  1. Intensive  and Extensive Reading  related to Science and Technology Issues (Previewing, Making Inferences, Understanding Paragraphs, Patterns of Organization, Skimming and Scanning, Summarizing, Critical Reading.
  2. Speaking and academic presentation related to Science and Technology (Expressing and soliciting opinions, Agree and disagree with opinions, Academic Presentations: Understanding audience, Brainstorming, Organizing, Delivering, Communicating Visually, Handling questions)
  3. Listening Various Genres (Listen to daily talks, Listen to academic talks and lectures)
  4. Writing Various Genres (Building good sentences, Building paragraphs, Building academic essays: narative, descriptive, argumentative)
PRASYARAT
 PUSTAKA UTAMA
  1. Hogue Ann, Oshima Alice, “Introduction to Academic Writing”, Longman,1997
  2. Johnston Susan S, Zukowski Jean/Faust, “Steps to Academic Reading,” heinle, Canada, 2002
  3. Mikulecky, Beatrice S, “Advanced Reading Power”, Pearson Education, New York, 2007
  4. Preiss Sherry, “NorthStar: Listening and Speaking,” Pearson Education, New York 2009
PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Becker Lucinda & Joan Van Emden, “Presentation Skills for Students, Palgrave, Macmillan, 2010
  2. Bonamy David, “Technical English,” Pearson Education, New York, 2011
  3. Fellag Linda Robinson, “College Reading,” Houghton Mifflin Company, 2006
  4. Fuchs Marjorie & Bonner Margaret, “ Focus on Grammar; An Integrated Skills Approach,” Pearson Education, Inc, 2006
  5. Hague Ann, “ First Steps in Academic Writing,” Addison Wesley Publishing Company, 1996
  6. Hockly Nicky & Dudeney Gavin, “How to Teach English with Technology, Pearson Education Limited, 2007
  7. Phillipd Deborah, “ Longman Preparation Course for the TOEFL Test,” Pearson Education, Inc, 2003
  8. Root Christine & Blanchard Karen, “ Ready to Read Now, Pearson Education, New York, 2005
  9. Root Christine & Blanchard Karen, “ Ready to Write, Pearson Education, New York, 2003
  10. Weissman Jerry, “Presenting to Win, the Art of Telling Your Story, Prentice Hall, 2006

 

Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain (Nabi Muhammad SAW)