IG141107 : Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah

MATA KULIAH IG141107    : Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah
Kredit          :  3 sks
Semester    : 2
DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah wawasan teknologi dan komunikasi ilmiah dimaksudkan untuk memberi inspirasi kepada mahasiswa didalam membangun kemampuan mengembangkan wawasan Ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi dengan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi serta penerapannya untuk kepentingan pembangunan berkelanjutan berlandaskan konservasi terhadap sumberdaya alam dan sumberdaya manusia.

Selama mengikuti proses pembelajaran, mahasiswa mengembangkan struktur kemampuan secara konstruktif mulai dari tahap peningkatan kemampuan eksplorasi dalam mendapatkan informasi dibidang iptek untuk pembangunan berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, hingga tahap peningkatan kemampuan komunikasi dan kolaborasi tim yang bekerja secara sistemik dalam merumuskan gagasan teknologi dan inovasinya melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran berbasis problem, serta melihat fakta dan permasalahan yang dihadapi bangsa dengan mengambil tema a.l. permasalahan energi, pangan, lingkungan, perubahan iklim dan lain sebagainya dalam rangka melatih kepekaan sosial.

Di akhir pembelajaran, mahasiswa mampu menjelaskan secara lisan gagasan teknologi secara kreatif dan inovatif untuk kepentingan pembangunan berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mengatasi permasalahan bangsa, dan menuangkannya secara efektif dalam bentuk karya tulis ilmiah.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN ITS YANG DIDUKUNG
CP 15.1 :  Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CP 19     :  Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan
CP  15.2 : Memiliki kemampuan literasi yang memadai
CP 6        : Mampu menerapkan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan permukiman, kelautan, energi,  teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep pembangunan erkelanjutan serta mendorong penciptaan lapangan kerja sesuai bidang  keahliannya
CP 13   :   Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasar pada analisa informasi dan data dengan berbekal wawasan pembangunan berkelanjutan yang mencakup aspek lingkungan dan permukiman, kelautan, energi, teknologi informasi dan komunikasi serta mengedepankan kepedulian sosial
CP 14 :   Mampu memberikan alternatif solusi berbekal sikap kepemimpinan, kreatifitas dan kemampuan komunikasi serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
  1. Memiliki wawasan konservasi  terhadap  sumber daya alam dan manusia dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan pembangunan berkelanjutan.
  2. Memahami dasar-dasar pemanfaatan teknologi dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi disektor a.l., energi, lingkungan, pemukiman dan kelautan.
  3. Mampu mengkomunikasikan gagasan teknologi untuk mengatasi permasalahan bangsa secara lisan dan tertulis.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
POKOK BAHASAN
(1) Pembangunan berkelanjutan : Pengertian dasar tentang Konservasi, SDA, SDM, dan Pembangunan Berkelanjutan;

(2) Science, Technolgy and Innovation-STI dan Information and Communication Technology-ICT : (a)      Pengertiian dasar ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (science, technology & innovation – STI), Sistem Inovasi dan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), (b) Sejarah perkembangan ST, (c) Keterkaitan STI dengan pembangunan berkelanjutan, (d) Peran R&D dalam membangun kapasitas STI, (e) Konsep umum dan aplikasi information & communication technology – ICT (ICT for all), (f) Peran ICT dalam Pembangunan Berkelanjutan, (g) Inovasi Aplikasi ICT untuk Menyelesaikan Masalah Berbagai Bidang

(3)  Sistem & Kompleksitas; Pendekatan holistik : (a) Konsep dasar analisa sistem (Sistem dan peranannya, Integrasi pada sistem, Kompleksitas dan keholistikan); (b) Analisa kebutuhan informasi (Metode-metode Interaktif untuk informasi, Metode-metode unobtrusive untuk informasi), (c) Analisa proses (Diagram aliran data dan aplikasinya, Analisa sistem dengan data dictionaries, Spesifikasi proses dan keputusan yg terstruktur)

(4) Teknik menemukan gagasan penyelesaian masalah berdasarkan informasi: Studi literatur; Ketrampilan membaca, membuat catatan dan ringkasan; Cara menghindari plagiat; Gagasan/Ide (Identifikasi masalah, analisis data dan informasi dari hasil studi literatur, pengamatan fakta, interview, dll, Menentukan gagasan/ide penyelesaian masalah)

(5)  Komunikasi (tata tulis ilmiah dan presentasi): Pengertian Komunikasi Efektif (Jenis-Jenis Komunikasi, Hambatan dalam berkomunikasi , Berbicara Efektif, Komunikasi dan Presentasi); Tata Tulis Ilmiah (Pengertian Tata Tulis Ilmiah, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Tata Tulis Ilmiah, Metode Menulis Ilmiah Berbasis IT)

PRASYARAT
PUSTAKA UTAMA
  1. Tim Pengembang Mata Kuliah Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah

Wawasan Teknologi”, ITS Press, Surabaya, 2014.

  1. Tim Pengembang Kemampuan Komunikasi Ilmiah, “Komunikasi Ilmiah”, ITS

Press, Surabaya, 2014.

PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Alfred Watkins and Michael Ehst, “Science, Technology and Innovation: Capacity Building for Sustainable Growth and Poverty Reduction”, The International Bank for Reconstruction and Development, Washington DC, 2008.
  2. Frieder Meyer Krahmer, “Innovation and Sustainable Development-Lessons for Innovation Policies,” A Springer-Verlag Company, Heidelberg, 1998.
  3. Miller Jr. G.T. and Spoolman, S., “Environmental Science,”13th, Brooks/Cole, Belmont CA, 2008
  4. Tim BPPT, “Naskah Akademik Buku Putih Penguatan Sistem Inovasi Nasional,” Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, 2011.
  5. Usha Rani Vyasulu Reddi, “Seri Utama: TIK untuk Pembangunan – Isu 1: Pengantar TIK untuk Pembangunan – Sumber pembelajaran TIK untuk pembangunan bagi insitusi pendidikan tinggi”, United Nations Asian and Pacific Training Centre for Information and Communication Technology for Development (UN-APCICT/ESCAP) , Incheon City, 2011.
    1. *_______, “Indonesian Sustainability Report, APRIL, 2006, 2010,
    2. *_______, “Data dan Informasi – Kinerja Pembangunan 2004-2012,” Republik Indonesia, 2013.
    3. *_______, “Pembangunan Daerah dalam Angka 2012,” Direktorat Pengembangan Wilayah, Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2012.
    4. *_______, “2005-2006 APP Environmental and Social Sustainability Report for Indonesia, Sustainability – Responsibility, APP, 2007.
Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain (Nabi Muhammad SAW)