IG141101 : Pendidikan Agama Islam

MATA KULIAH IG141101      :  Pendidikan Agama Islam
Kredit             :  2 sks
Semester       :  1 atau2
DESKRIPSI MATA KULIAH

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang Agama Islam dan ajarannya yang mencakup akidah, syari’ah, akhlak dan wawasan keislaman agar mahasiswa memiliki kemampuan komprehensif untuk mensinergikan pengembangan dan pemanfaatan IPTEKS demi mewujudkan kemaslahatan bagi umat manusia. Perkuliahan akan dilakukan di dalam kelas dalam bentuk pemberian materi, tugas, dan diskusi,serta di luar kelas dalam bentuk kuliah lapangan dan studi kasus, sehingga mahasiswa mampu berfikir dan bertindak berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran. Pada akhirnya mahasiswa memiliki karakter jujur, amanah, komunikatif, cerdas dan kepekaan sosial dalam melakukan relasi yang harmonis untuk mewujudkan kesalihan ritual dan sosial.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN ITS YANG DIDUKUNG
CP 17    :  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

CP 18.2 :  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan moral & etika

CP15.1 : Mampu berkomunikasi baik lisan dan tertulis dalam b. Indonesia

CP17.1 : Jujur dan Amanah

CP15.3 : Mampu mengelola dan bekerja dalam tim.

CP15.4 : Bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri dan kelompok.

CP18.3 : Patuh pada aturan tertulis atau tidak tertulis sepanjang hayat

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
  1. Memiliki kemampuan komprehensif untuk mensinergikan  pengembangan  IPTEKS dengan  ajaran agama Islam yang meliputi Akidah, Syari’ah, Akhlak dan wawasan keislaman dalam berprofesi.
  2. Mampu mengembangkan dan memanfaatkan IPTEKS dengan penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai  ajaran Islam untuk mewujudkan kemaslahatan bagi umat manusia
  3. Mampu mengedepankan kepentingan agama, bangsa dan negara dengan berlandaskan nilai-nilai Islam dan tetap menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran
  4. Memiliki  karakter jujur, amanah, komunikatif, cerdas dan kepekaan sosial dalam melakukan relasi yang harmonis untuk mewujudkan kesalihan ritual dan sosial.
POKOK BAHASAN

Materi yang akan dibahas adalah: Agama Islam dan Ajarannya, Hakikat Manusia menurut Islam, Konsep Ketuhanan dalam Islam, Akhlak dalam Ajaran Islam, Hukum dan HAM dalam Islam, Kerukunan antar Umat Beragama, IPTEK dan Seni dalam Islam, Islam dan Kebudayaan, Demokrasi dan Politik dalam Islam dan Masyarakat Madani.

PRASYARAT
PUSTAKA UTAMA
  1. Muhibbin, Zainul dkk, Pendidikan Agama Islam Membangun Karakter Madani, Surabaya: ITS Press, 2012.
  2. Wahyuddin dkk, Pendidikan Agama Islam untukPerguruanTinggi, Jakarta:Grasindo, 2009.
  3. Depag RI, Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Jakarta, 2004.
PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Iberani, Jamal Syarif dan MM. Hidayat, Mengenal Islam, Jakarta: El-Kahfi, 2003
  2. Razaq, Nasaruddin, Dinnul Islam, Bandung: Al-Ma’arif, 1998.
  3. Muslim Nurdin, KH., dkk, Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta, 1995.
  4. Ahmad, HA. Malik, TauhidMembina Pribadi Muslim dan Masyarakat, Jakarta: al-Hidayah, 1980.
  5. Mutahhari, Murtadha, Perspektif Al-Qur’an tentangManusiadan Agama, Bandung: Mizan, 1984.
  6. Imarah,Muhammad, Islam dan Pluralitas: Perbedaan dan Kemajemukan dalam Bingkai Persatuan, Jakarta: Gema Insani,1999.
  7. Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, terjemahan Ismail Ya’qub, Jakarta: CV. Faizan, 1988.
  8. 8.   Shihab, Muhammad Quraish, Membumikan al-Qur’an,Bandung: Mizan, 1996.
  9. 9.   Jurnal, Teosofi,  jurnal Tasawwuf da Pemikiran Islam, Ushuluddin IAIN Sunan Ampel, Surabaya.
Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain (Nabi Muhammad SAW)