SS141425 : Metode Riset Pemasaran

MATA KULIAH SS141425     : Metode Riset Pemasaran
Kredit             : 3 sks
Semester       : 7
DESKRIPSI MATA KULIAH

Metode Riset Pemasaran merupakan mata kuliah di bidang bisnis, tujuan dari mata kuliah ini adalah merancang dan melakukan riset pemasaran serta mengevaluasi strategi pemasaran. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan latihan serta tugas melakukan riset pemasaran mulai dari tahapan desain riset, survey, menerapkan metode statistik dalam pengolahan dan analisis data hingga proses pelaporan dan presentasi hasil riset.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG
CP 2      : Mampu  menerapkan Metode Statistika di bidang bisnis
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CP 2.1   : Merancang dan melakukan riset pemasaran serta mengevaluasi strategi pemasaran

CP15.1 : Mampu berkomunikasi baik lisan dan tertulis dalam b. Indonesia

CP17.1 : Jujur dan Amanah

CP15.3 : Mampu mengelola dan bekerja dalam tim.

CP15.4 : Bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri dan kelompok.

CP18.3 : Patuh pada aturan tertulis atau tidak tertulis sepanjang hayat

POKOK BAHASAN

1. Pengertian Dasar Kepuasan Pelanggan, 2. Konsep Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk,  3, Konsep Perilaku Pembeli, 4. Positioning, 5. Biplot, 6. Multidimensional Scalling, 7. Analisis Correspondensi, 8. Segmentasi Pasar, 9. Analisis Faktor, Analisis Cluster, 10. Konsep Riset Pemasaran, 11. Proses Riset Pemasaran, Formulasi Masalah, Metode Perancangan Riset Pemasaran, Metode Pengumpulan Data, Metode Survey dan Sampling, Merancang Proposal,Survey, Manajemen dan Analisis Data, Laporan Penelitian.

PRASYARAT
Analisis Multivariate, Analisis Data Kualitatif
PUSTAKA UTAMA
  1. Kotler Philip, Manajemen Pemasaran, PT.Prenhallindo, Jakarta, 1997.
  2. Malhotra K. Naresh, Riset Pemasaran, PT.INDEKS kelompok Gramedia, Jakarta, 2004.
  3. Churchill, Jr.Gilbert.A, Basic Marketing Research, The Dryden Press, New York, 1988.
PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Kusrini, Dwi Endah, Modul Praktikum Jurusan Statistika ITS, Surabaya, 2011.

 

Sebaik-baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain (Nabi Muhammad SAW)