SS141322 : Metodologi Penelitian

MATA KULIAH SS141322     :  Metodologi  Penelitian
Kredit            :  3  sks
Semester      :  7
DESKRIPSI MATA KULIAH

Metodologi Penelitian merupakan salah satu mata kuliah keahlian yang merupakan bagian dari bidang kajian dalam rumpun mata kuliah Pemodelan Statistik. Tujuan mempelajari Metodologi Penelitian adalah mahasiswa mampu memahami konsep dan metodologi dalam penelitian ilmiah, khususnya tahapan-tahapan dalam penelitian di bidang statistika terapan, serta dapat menerapkannya pada suatu permasalahan nyata di masyarakat. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar untuk berfikir secara kristis dan mampu memberikan keputusan yang tepat tentang tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian ilmiah yang sesuai pada suatu permasalahan dan penyelesaiannya. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan latihan serta tugas membuat proposal penelitian.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG
CP 8        : Mampu memformulasikanmmasalah dan menggunakan komputer sebagai alat  pengolah data.

CP13      : Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis data.

CP 20     : Mempunyai Etika Profesi

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CP-8.1 : Memformulasikan masalah ke dalam pemodelan statistika

CP-13.2 : Melakukan penelitian dengan metode ilmiah.

CP15.1 : Mampu berkomunikasi baik lisan dan tertulis dalam b. Indonesia

CP17.1 : Jujur dan Amanah

CP15.3 : Mampu mengelola dan bekerja dalam tim.

CP15.4 : Bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri dan kelompok.

CP18.3 : Patuh pada aturan tertulis atau tidak tertulis sepanjang hayat

POKOK BAHASAN

1).Pengantar tentang Metodologi Penelitian Ilmiah,2)Pengamatan : 3).engidentifikasi Minat Bidang Penelitian Yang Luas, 4).Pengumpulan Data Awal, 5).Penyusunana laporan :Definisi Masalah, Kerangka Teoritis, Penyusunan Hipotesis, Desain Penelitian Ilmiah,Pengumpulan, Analisis, Dan Interpretasi Data,Deduksi,6).Presentasi Laporan, 7).Pengambilan Keputusan Manajerial, 8) Implementasi Pembuatan Proposal Penelitian

PRASYARAT :  Analisis Data II
PUSTAKA UTAMA
  1. Sekaran, U., 2006, Research Methods for Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Penerbit Salemba Empat, Edisi 4, Buku 1 dan 2.
  2. Rakhmat, J., 2004, Metodologi Penelitian Komunikasi, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  3. Suyanto, B. dan Sutinah, 2005, Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
PUSTAKA PENDUKUNG
  1. Nasution, A.H., 2002, Pola Induksi Seorang EKSPERIMENTALIS, IPB Press, Bogor.
    1. Malhotra, N.K., 2004, Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan (terjemahan), Prentice Hall: New Jersey, Edisi 4, Buku 1 dan 2.
    2. Bungin, B., 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Untuk mencapai kesuksesan, kita jangan hanya bertindak, tapi juga perlu bermimpi, jangan hanya berencana, tapi juga perlu untuk percaya. (Anatole France)